Drone Sebagai Teknologi Inovasi Manufaktur

Drone Sebagai Teknologi Inovasi Manufaktur Startup Indonesia

Drone Sebagai Teknologi Inovasi – Siapa sih yang gak kenal Drone? Salah satu mainan anak muda jaman sekarang selain game online dari smartphone. Remote control merupakan salah satu sistem pengendali Drone itu sendiri. Drone lebih mengadopsi konsep Helikopter,  jadi sedikit berbeda dengan mini pesawat Aeromedeling. Namun ada juga yang seperti pesawat terbang pada umumnya, contohnya drone milik kalangan militer.

Teknologi manufaktur masa kini sudah banyak pengembangan Drone. Pengembangan Drone ada sejak 20 tahun lalu dari sekarang. Harganya sangat mahal bahkan puluhan juta. Sekarang harganya relatif murah. Kamu hanya perlu merogoh kocek 800 ribu-an sampai 9 juta-an saja. Sudah bisa mendapatkan pesawat drone yang kamu inginkan. Dimana Drone dijual? Tentunya kalian bisa temukan di marketplace ataupun di website resmi produsen nya.

Pengembangan Fungsi Drone Masa Kini dari Bidang Industri

Drone Sebagai Teknologi Inovasi – Yaps, kali ini kita akan mengulik sejauh mana pengambangan Drone. Mungkin awalnya kalian berfikir bahwa Drone adalah inisiatif awal mula robot terbang, bukan? Ya benar sekali boss, Kita akan bahas itu nanti di poin utama. Jika kita masuk ke ranah industri tentunya sangat luas. Apalagi kita telah melakukan perubahan kearah industri 4.0. Nah, inilah beberapa inovasi Drone dalam membantu kinerja manusia:

  1. Drone Sebagai Teknologi Persewaan Komoditi

Kebutuhan ini mencakup videografi. Pada umumnya Drone itu terdapat dua komponen utama. yaitu mini pesawat beserta kamera. Drone jenis ini adalah salah satu unit yang terdapat banyak di pasaran dan harganya murah. Acara event organizer sering menggunakan drone ini untuk keperluan dokumentasi. Penggunaan lainnya adalah meliput kejadian kondisi setempat saat terjadinya musibah, demonstran, mahakarya dan lain-lain.

  1. Drone Sebagai Teknologi Pertanian Agrikultur

Bidang manufaktur agrikultur juga mengadopsi Internet of Things (IoT). Salah satunya  teknologi maping tanah, teknologi maping perairan sampai survei flora dan fauna yang tidak terjangkau oleh kendaraan biasa. Drone ini juga untuk kebutuhan riset contohnya pada Chanel National Geographic. Monitoring lahan pertanian ataupun menyebarkan pupuk adalah tugas pokok drone agrikultur lainnya. (Artikel Terkait : Drone Sebagai Teknologi Inovasi)

  1. Drone Sebagai Teknologi Pemadam Kebakaran

Selain urusan pertanian dan sektor pembangunan. Drone juga dapat menjadi tools penting pembantu unit pemadam kebakaran. Drone ini harus memiliki spesifikasi khusus yaitu daya angkat yang kuat. Agar mampu menampung banyak liter air. Pesawat ini tidak memiliki awak operasional/pilot demi keselamatan petugas. Agar lebih andal dalam bertugas saat memadamkan api kebakaran. (Artikel Terkait : Drone Sebagai Teknologi Inovasi)

  1. Drone Sebagai Teknologi Pengintai Pertahanan

Dalam lingkup militer kita tau istilah invasi dan infiltrasi. Yaitu proses pengintai atau memasuki wilayah pertahanan musuh secara diam-diam. Untuk menyukseskan operasi militer, kita butuh tools yang mampu memperkecil peluang kegagalan. Drone militer sangat tangguh untuk bermanufer disegala medan. Adapun penggunaan Drone tanpa awak juga bisa dalam proses sabotase penyerangan. Contohnya penembakan Amerika terhadap jendral iran pada awal januari 2020 lalu.

  1. Drone Sebagai Teknologi Pengiriman Barang

Nah ini menarik, jenius dalam segmen bisnis delivery. Jadi startup terbesar di dunia Amazon dan Alibaba sudah merancang dan merencanakan pengiriman barang via udara. Eitss bukan pengiriman ekspor/impor loh yang biasa dilakukan oleh pesawat komersil. Melainkan pengiriman langsung oleh marketplace atau vendor pemilik produk. Dengan begitu inovasi ini mendapatkan banyak pujian serta memuaskan layanan konsumen. (Artikel Terkait : Drone Sebagai Teknologi Inovasi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *