Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual

Kilas Balik Sebelum Adanya "Tanya Veronika Asisten Virtual"

Tanya Veronika Asisten Virtual – Siapa sih yang gak kenal Telkomsel? Salah satu provider telephone seluler terbesar di Indonesia. Terlepas dari jaman dulu penggunaan handphone sering kita gunakan untuk berkomunikasi dua arah (jarak jauh) melalui telephone ataupun SMS. Kini perkembangan teknologi semakin pesat dengan adanya perubahan komputer masa kini yang bisa kita kenal dengan generasi komputer 5.0.

Smartphone juga salah satu contoh produk perkembangan komputer 5.0. Jadi, kini Telkom Indonesia tidak hanya sebatas perusahaan komunikasi biasa yang memproduksi jaringan telephone/pulsa. Namun perusahaan ini memPivot rule business nya kearah perkembangan industri digital seperti Provider Internet (Indohome), layanan Incubator Business (DILo), ranah pendidikan (Telkom University) dan masih banyak lainnya.

Fakta Unik Dibalik Suksesnya Produk Telkomsel Indonesia

Tanya Veronika Asisten Virtual – Sebelum membahas Mbak Veronika Telkomsel, saya mau share pengalaman dulu. Yaps, steriotip yang memakai provider telkomsel rata-rata adalah orang The Have (Kaya) hehe.. atau orang-orang yang biasanya dulu sangat fanitik sekaligus nyaman menggunakan Telkomsel seperti saya ini wkwk.. BTW, Sudah 11 tahun lho sejak 2009 saya sebagai pelanggan setia telkomsel. Memang sih banyak kompetitor diluar yang baru dan lebih murah.

Namun karena nomor tersebut yang saya gunakan penuh dengan kenangan wkwk yaa apa boleh buat saya pakai terus menerus. Lagi pula semakin dewasa nomor ini untuk kepentingan bisnis dan profesional jadi saya pribadi masih mempertahankan Telkomsel sebagai provider utama. Apalagi banyak testimoni yang membuktikan bahwa jaringan telkomsel tiada duanya hahah.. Gokil gak sih, kalau yang lain sinyal/jaringannya letoy di suatu daerah namun Telkomsel tidak.

Inovasi ChatBot dari Telkomsel Sebagai Asisten Virtual

Apa itu Asisten Virtual? – Asisten Virtual adalah layanan pelanggan berbasis digital guna memberikan kemudahan untuk kebutuhan operasional bisnis dalam sebuah perusahaan. Demikian pula praktiknya Telkomsel menggunakan teknologi Asisten Virtual untuk melayani para konsumen. Yang perlu kamu ketahui Asisten Virtual ini menggunakan 6 platform chating. Hal tersebut bisa membantu dan meringankan kerja manusia sebagai Customer Service.

Siapa itu Mbak Veronika? – Veronika ialah maskot yang sangat ikonik sebagai karakter Asisten Virtual Telkomsel. Hal ini sangat penting untuk kesadaran merek dalam membangun Digital Branding pada produknya. So, kalau kamu ada keluhan ataupun pertanyaan silakan langsung saja cari mba veronika jangan cari yang lain hehe.. Oh yah apakah kalian semua sudah tau cara mengakses kontaknya? Yukk, simak beberapa informasi selanjutnya:

Akses Cepat Untuk Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual? – Ingin tahu seberapa cepat Mbak Veronika membalas chat pertanyaan-pertanyaanmu? Jadi Veronika ingin menggunakan beberapa media yang biasa kalian gunakan. Dalam praktiknya Telkomsel menggunakan teknologi Asisten Virtual untuk melayani para konsumen. Dimana Asisten Virtual ini menggunakan 6 platform chating. Hal tersebut dapat membantu dan meringankan kerja manusia sebagai Customer Service.

Website Telkomsel

Cobalah buka situs web Telkomsel yaitu https://www.telkomsel.com/. Jika kamu perhatikan halaman awal ada gambar ikon “Veronika” dengan posisi pojok kanan bawah. Selanjutnya kamu bisa mengakses layanan virtual tersebut untuk tanya jawab.

Aplikasi Telkomsel

Begitu pula jika kamu pengguna smartphone, kamu bisa mendownload App MyTelkomsel pada situs unduh smartphonemu. App MyTelkomsel juga sudah dilengkapi dengan Asisten Virtual. Jadi, kalau mau beli pulsa, paket data, cek informasi, tanyakan langsung kepada mbak veronika.

Facebook Messenger

Jangan bilang kamu bukan pengguna sosial media! Tentu saja pihak Telkomsel juga menyediakan customer service nya di sosial media. Pada Facebook Messenger kamu bisa temukan Asisten Virtual di akun Facebook Telkomsel.

Telegram Chating

Tanya Veronika Asisten Virtual bisa kamu akses via Telegram. Barang kali kamu pengguna telegram jadi Telkomsel memasang ChatBot ini di Telegram. Hampir di semua lini platform Telkomsel hadir melayani konsumen dengan maksimal bro! Wuihh hehe..

Whatsapp Chating

Kalian punya Whatsapp kan? Hampir seluruh pengguna smartphone di Indonesia menggunakan Whatsapp. Jika mau yang lebih praktis lagi, kamu bisa langsung menggunakan aplikasi whatsapp. Daripada malu-malu kucing telfon Customer Center, mending chatingan tanya Veronika aja.

Aplikasi LINE Chat

Khusus kawula muda pengguna LINE, jangan kecewa yaa.. Bisa kok kamu tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel. Pasalnya, LINE merupakan salah satu dari 6 platform yang tersematkan fitur ChatBot Telkomsel sebagai media servicenya.

Sekilas Tentang ChatBot – ChatBot kepanjangan dari Chating Robot, merupakan sebuah fungsi chating otomatis untuk mereplay pesan-pesan balasan tanpa melalui perantara manusia. ChatBot saat ini telah banyak terealisasi pada perusahaan Startup Digital. Salah satunya perusahaan Telkomsel dengan ChatBot nya yaitu Tanya Veronika Asisten Virtual. Dengan ini perusahaan akan lebih menghemat SDM.

Karena, SDM yang biasanya kita pakai untuk melayani konsultasi customers sekarang sudah digantikan dengan robot. Selain untuk menghemat SDM, fungsi tersebut juga dapat meringankan kinerja SDM tentunya. Fungsi ChatBot ini sangat akurat dalam membalas sebuah pesan. Tergantung dari komposisi teknologi pembuatannya. Dalam dunia IT dan Pemrograman, perangkat ini (ChatBot) terintegrasi dengan API (Aplication Programming Interface) guna mengatur sistem cerdasnya dalam membalas suatu pesan.

Bagaimana Jika Salah Memasukkan Nomor Ponsel saat Berinteraksi?

Jika customers salah memasukkan nomor ponsel sebanyak tiga kali, maka interaksi customers dengan Asisten Virtual ChatBot akan terblokir selama durasi lima menit. Jadi, pastikanlah kamu benar-benar memasukan nomormu yang valid dalam satukali input.

Apakah Terdapat Aturan Terkait Kode Verifikasi pada Asisten Virtual?

Berikut beberapa aturan terkait Kode Verifikasi (OTP) ketika customers melakukan interaksi Tanya Veronika Asisten Virtual:

  • Apabila customers salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi customers melaui Asisten Virtual akan terblokir selama lima menit.
  • Lalu jika customers melakukan permintaan Kode Verifikasi (OTP) mencapai tiga kali, percakapan customers akan terblokir selama durasi kurang lebih lima menit.
  • Selanjutnya jika customers salah memasukkan Kode Verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi akan terblokir dalam durasi 1 hari (1x24 jam).

Apakah Bisa Mengganti Topik Percakapan dengan Asisten Virtual?

Sedikit tips untuk kamu jika ingin mengganti atau mengakhiri topik percakapan, kamu bisa mengetik “Batal” atau “Cancel”. Nah, lalu kamu bisa lanjut atau memulai ulang percakapan apa yang akan kamu konsultasikan kepada Mbak Veronika.

Kapan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel Dapat Digunakan?

Sejak 24 Agustus 2017, kini telkomsel telah mengaktifkan ChatBot Asisten Virtual Telkomsel untuk melayani konsultasi para customers. Dan bagi kamu pelanggan setia Telkomsel bisa mengakses percakapan virtual dalam waktu 1x24 jam.

Saat ini layanan Asisten Virtual Telkomsel dapat kamu gunakan dengan mudah melalui beberapa platform antara lain; aplikasi MyTelkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel.

Dimanakah Kita Bisa Temukan Lokasi GraPARI Telkomsel Terdekat?

Cara singkat untuk menemukan lokasi GraPARI terdekat:

  • Ketik "Hai" atau "Halo"
  • Masukan Nomor Ponselmu
  • Masukan Kode Verivikasi
  • Ketik "GraPARI terdekat"
  • Gunakan Fitur Share Location

Mengulas Perbedaan antara ChatBot dengan Asisten Virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual – Apakah kamu pernah mendengar tentang ChatBot? atau Asisten Virtual? Pasti dari sekian banyak orang mengira bahwa dua hal tersebut adalah sama. Namun belum tentu lho pada kenyataannya. Nanti, akan kita bahas mengenai perbedaan antara ChatBot dengan Asisten Virtual. Dengan menyiapkan beberapa parameter untuk membedakan kedua hal tersebut pasti akan terlihat masing-masing kegunaannya.

Seiring berjalannya waktu, kita telah menjadi saksi bagaimana digital teknologi itu berkembang. Demikian juga telah mempengaruhi peradaban manusia dari massa ke massa. Bukan hanya hanya itu saja, digital teknologi terbukti banyak membantu melewati momen-momen krisis seperti ekonomi, sosial bahkan pandemi saat ini. ( Baca Juga Artikel : Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel )

Apakah Mereka Sama? Inilah Perbedaan ChatBot dan Asisten Virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual – Dalam kondisi pandemi seperti ini ChatBot dan Asisten Virtual sangat dibutuhkan. Begitu pula dengan banyaknya implementasi di lingkup masyarakat luas. Salah satu penggunaan nya yaitu dalam kerja jarak jauh atau yang kita kenal dengan WFH (Work From Home). Selanjutnya sangat penting untuk kamu ketahui apa saja perbedaan di dalam nya. Berikut 3  poin yang membedakan ChatBot dengan Asisten Virtual :

  • Tingkat Kerumitan Teknologi

Pada dasarnya chatbot dengan asisten virtual adalah alat bantu untuk menjawab sebuah pesan pada perangkat digital. Perbedaan dalam tingkat kerumitan teknologi tersebut bisa menjadi signifikan. Chatbot atau yang bisa kita kenal dengan Chatting Robot merupakan sebuah chatting dimana pesan-pesan auto reply sudah tersetting pada aplikasi chatting. Kita sebagai user hanya mengatur pesan apa saja yang akan terbalas oleh robot tersebut.

Chatbot dalam membalas sebuah pesan harus memiliki format tertentu. Apabila pesan yang terkirim tidak menggunakan format tertentu pasti tidak akan terbalas oleh chatbot. Karena program chatting ini sudah terprogram menggunakan suatu “kondisi” pemrograman. Sedangkan asisten virtual lebih cenderung berupa kecerdasan buatan. Tanpa format sebuah pesan, asisten virtual mampu menjawab segala kebutuhan atau segala “kondisi”

  • Tugas dan Fungsi 

Seperti yang kita ketahui, chatbot biasa terpakai untuk fungsi menjawab pesan teks terformat. Contohnya pada Whatsapp Business yang berfungsi membalas pesan customers secara otomatis. Ada pula seperti Direct Message pada instagram yang bisa berguna untuk broadcast. Apakah kamu masih ingat teknologi Blackberry Message? Dulu chatting tersebut juga mengadopsi pesan-pesan broadcast yang bisa mengirim pesan ke banyak tujuan.

Nah kalau bicara mengenai asisten virtual, teknologi ini juga bisa membalas pesan secara otomatis. Selain itu memiliki kelebihan juga. Contoh asisten virtual pada Google yang membantumu menemukan suatu hal di internet dengan bertanya langsung melalui voice. Untuk para jomblo pasti kamu juga pernah menginstal aplikasi SimSimi untuk menemanimu chatting seharian hehe..

  • Platform yang Digunakan

Platform yang digunakan tidak jauh berbeda. Namun jika chatbot terbatas hanya perangkat yang memiliki aplikasi chatting saja. Seperti Komputer atau Smartphone yang memiliki aplikasi Whatsapp, Telegram, Blackberry, Line, WeChat, dll. Namun untuk asisten virtual sendiri tidak terbatas. asisten virtual bisa menggunakan media aplikasi atau perangkat lunak sebuah sistem. Contohnya Telkomsel dengan produk Tanya Veronika Asisten Virtual.

Tanya Veronika Asisten Virtual berperan penuh dalam melayani pelanggan dengan menggunakan 6 platform yang tersedia. Hal tersebut membuktikan bahwa asisten virtual dengan kecerdasannya mampu mengemban tugas yang dilakukan manusia. Nah jadi bagaimana? Apakah perusahaan startup mu juga akan menggunakan kedua teknologi tersebut? Tentukan pilihanmu dari sekarang ya sob.

Bisakah Asisten Virtual Mengubah Pengalaman Pelanggan ?

Tanya Veronika Asisten Virtual – Trend digital masyarakat +62 sekarang adalah interaksi online.  Dari waktu ke waktu trend tersebut semakin meningkat. Terbukti dengan adanya data dari survei BPJS Indonesia yang menyampaikan sekitar 31% responden lebih memilih untuk transaksi online. Apalagi untuk kondisi pandemi seperti ini. Oleh karena itu dengan adanya asisten virtual, Telkomsel bisa melayani pelanggan tanpa mereka datang.

So, bisakah asisten virtual ini mengubah pengalaman pelanggan dalam berkonsultasi ataupun transaksi online? Jawabannya tentu sangat bisa. Kondisi seperti ini menuntut pelanggan telkomsel untuk mengubah cara beraktivitas dalam belanja produk-produk telkomsel. Saat ini pelanggan lebih memilih alat komunikasi online untuk mendapatkan layanan provider. Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan sebuah solusi.

3 Sifat Veronika Asisten Virtual yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Automate – Asisten Virtual memberikan solusi untuk membantu pelanggan dalam mendapatkan jawaban. Dengan adanya Tanya Veronika, Telkomsel dapat melayani beribu-ribu pelanggan dalam satu waktu secara otomatis.
  2. Humanize – Teknologi Asisten Virtual juga mengadopsi NLP (Natural  Language Processing). Fungsinya untuk memahami percakapan manusia sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih personal kepada pelanggan.
  3. Interact – Asisten Virtual juga dapat berinteraksi secara intens dengan percakapan-percakapan yang kompleks. Customers Experience akan lebih terbangun untuk mendapatkan kepuasan pelanggan pada platform Veronika.

Natural Language Processing Teknologi Dibalik ChatBot

Apa itu Natural Language Processing? – Natural Language Processing merupakan algoritma komputer yang berfungsi untuk memahami percakapan dan komunikasi manusia. Teknologi tersebutlah yang membuat Robot Chatting pintar dalam mengolah bahasa percakapan manusia. Sehingga teknologi tersebut berguna untuk interaksi virtual dengan media robot elektronik maupun digital.

Kemudian, cara kerja algoritma tersebut adalah mengenali dan memproses data masuk berdasarkan percakapan yang tersampaikan. Hal ini bertujuan untuk lebih dalam mengenali konteks yang disampaikan oleh manusia. Semakin canggih NLP, semakin banyak juga database kosakata yang disimpan. Terlebih jika NLP tersebut bisa menggunakan multi bahasa. Apakah kalian tertarik untuk mempelajarinya lebih dalam?

Hadirkan Kehidupan dan Kepribadian ke Pengalaman Pengguna

Sama seperti tools marketing lainnya. Tanya Veronika merupakan kesempatan bagus untuk menambah nilai interaksi kepada konsumen. Asal kamu tahu, sebelum Telkomsel  merancang chatbot Tanya Veronika, Mereka harus lebih dahulu membangun persona chatbot. Persona ini sangat membantu ketika mereka dalam menyempurnakan penawaran untuk menarik konsumen setia Telkomsel. 

Selain sebagai digital branding pada chatbot, Tanya Veronika Asisten Virtual berupaya memahami semua kebutuhan anda. Hal tersebut yang menjadikan bagaimana chatbot Tanya Veronika mengungkapkan jawaban atas rekomendasi yang diberikan. Dengan menyampaikan via jawaban teks pada 6 platform antarmuka yang tersedia. Selain itu, chatbot akan lebih dapat dipercaya, dan relevan bagi pelanggan.

Kapan Waktu Terbaik untuk Menghubungi Layanan Pelanggan?

Kapan sih waktu yang pas untuk menghubungi customer services Telkomsel? Menurut data statistik kata.ai hari rabu dan kamis pada pukul 8 pagi merupakan waktu terbaik. Waktu tersebut yang dianggap sebagai waktu paling produktif untuk layanan pelanggan. Rabu dan Kami layanan pelanggan meningkat 7% nilai efektifitas daripada hari yang lain. Begitupun pagi hari merupakan waktu paling bagus untuk menghubungi layanan pelanggan.

Namun, layanan Tanya Veronika sekarang bisa kamu hubungi kapanpun 24 jam 7 hari non-stop. Karena kita tahu persis para pelanggan sudah menggunakan chat apps untuk aktivitas setiap harinya. Nah, supaya hemat waktu dan tidak kerepotan Telkomsel menghadirkan Tanya Veronika. Yaitu sebuah asisten virtual yang akan menemani pelanggan selama 24 jam 7 hari non-stop. Itulah kemudahan tanya veronika.

25 Tahun Telkomsel Terus Bergerak Maju Melayani Negeri

Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan salah satu inovasi pengembangan teknologi terdepan di Telkomsel. Tidak terasa, sudah 25 tahun lebih Telkomsel mendampingi serta melayani negeri ini pada setiap langkah-langkahnya dalam pemanfaatan teknologi terdepan. Khusus nya pada masa pandemi sekarang. Waktu yang tepat untuk Telkomsel hadir di tengah-tengah masyarakat. Telkomsel akan terus bergerak maju bersama negeri ini.

Telkomsel juga telah memaknai akan jasanya yang telah menghadirkan internet dan koneksi untuk selalu berinovasi dan ajang mencari solusi pada negeri ini. Berkat teknologi dan infrastruktur yang terbarukan. Telkomsel sangat membantu masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tanya Veronika Asisten Virtual akan menjadi pelayanan tepat untuk memahami kebutuhan yang lebih baik dimasa yang akan datang.