UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Terbaik

Sedang Bingung Cari Perguruan Tinggi yang Anti Mainstream?

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Hallo sobat mahasiswa Indonsia, gimana gaes keadaan kalian #DiRumahAja? Tentunya banyak cerita dibalik itu semua. Pertama-tama saya pribadi merasa senang sudah bisa mengikuti beberapa lomba blog sekaligus memenangkannya. Yaa walaupun belum bisa mejadi juara umum, namun untuk pengalaman aja kali ya bahwa lomba blog itu sedap-sedap gurih haha… Bagi yang belum kenal, perkenalkan nih nama saya Muhammad Daris Arifin.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Pada sesi kali ini saya mau ngebahas tentang salah satu universitas ternama dari daerah Pontianak. Yaitu adalah UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university. Perguruan tinggi ini merupakan pelopor berdirinya Cyber University di Indonesia. Bahkan universitas tersebut menjadi cikal bakal poros kurikulum perguruan tinggi berbasis digital dengan mengadopsi kurikulum industri 4.0. Nah kan, pastinya kalian ingin tau lebih dalam lagi?

Bentuklah Pola Pikirmu, Ini 7 Alasan Kenapa Kuliah Itu Penting

Sebelum memulai ke topik pembahasan, ane stop dulu yaa. Mungkin untuk menambah mental dan kesiapan, kalian harus baca ini dulu. Alasan kenapa kuliah itu penting? Biasanya banyak beribu alasan lulusan sekolah SMA/MA/SMK ingin kuliah. Namun jarang ada jawaban yang memang benar-benar menjawab persoalan ini. Bagi yang tidak melanjutkan kuliah mungkin ada suatu alasan yang kuat dibelakangnya. Namun tidak dengan kalian yang akan melanjutkan kuliah. Berikut pentingnya kuliah:

  1. Membuat pengetahuan dan wawasan kamu lebih luas.
  2. Membuatmu lebih disiplin dan mandiri dalam semua aspek.
  3. Kamu akan menyadari bahwa relasi itu sangatlah penting.
  4. Melatih untuk bijaksana dalam mengambil sebuah keputusan.
  5. Melancarkan skill bicara di depan umum dengan berbagai kondisi.
  6. Kuliah menuntutmu lebih sabar dalam proses perjuangan.
  7. Mengembangkan potensi diri serta kemampuan berkerja.

Mungkin kalian calon mahasiswa baru, belum merasakan kondisi-kondisi seperti itu, yang sangat penting dibutuhkan untuk masa depan. Nah jika kalian kuliah di Universitas ini (UNTAN) kalian akan terdorong menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Tentunya jika kalian lulus, pastinya akan merasakan bahwa ketujuh hal tersebut memang terbukti penting bagi kehidupan. Setelah ini kita akan mengenal lebih dalam tentang seluk beluk kampus. (Cek: UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University)

Yuk, Mengenal Lebih dalam Kampus Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura berdiri sejak 20 Mei 1959. Perguruan tinggi ini merupakan yang pertama di Kalimantan Barat. Selama 60 tahun, Universitas Tanjungpura telah memberikan kontribusi dalam bidang penelitian ilmiah. Hingga mendapat banyak penghargaan. Dalam perjalanannya menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, Universitas Tanjungpura sempat berganti nama beberapa kali. Dengan nama sebelumnya yaitu Universitas Dwikora (1967) resmi diganti menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN).

UNTAN memiliki visi menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah di Kalimantan Barat. Serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi di tingkat dunia, baik ditingkat daerah, nasional, regional maupun internasional. Maka dari itu UNTAN digadang-gadang akan menjadi kampus yang besar. Dengan cakupan global dalam taraf akademisi maupun industri untuk memenuhi kebutuhan riset dan pendidikan di negara Indonesia. Inilah poin terpenting dalam kemajuan Indonesia.

Kalian Calon Mahasiswa Baru? Kenali Dulu Jalur Masuk PTN

Agar bisa diterima di perguruan tinggi yang diinginkan, kalian harus mengikuti serangkaian tes hingga dipastikan lolos menjadi mahasiswa. Untuk perguruan tinggi negeri, biasanya terdapat 3 jalur seleksi yaitu SNMPTN, SBMPTN dan jalur MANDIRI. Layaknya perguruan tinggi negeri pada umumnya, UNTAN juga menyediakan 3 jalur seleksi masuk. Yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur MANDIRI. Tahapan seleksi tersebut sudah pasti dilaksanakan secara kredibel, adil dan transparan.

  • Jalur SNMPTN

SNMPTN adalah singkatan dari kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Yaitu melalui kriteria seleksi berdasar kan nilai pada rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya. Dengan jalur seleksi tersebut, sekolah berperan dalam proses seleksi dengan mengisi data nilai Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data tersebut berisi riwayat rekap nilai rapor maupun prestasi akademik para siswa selama 3 tahun bersekolah di SMA. Inilah peran kejujuran bagi masing-massing sekolah.

  • Jalur SBMPTN

Mulai dari tahun 2019 lalu, SBMPTN dilaksanakan oleh lembaga baru yakni Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Berbeda dengan jalur SNMPTN, jalur SBMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi negeri dengan cara ujian tertulis. Dimana ujian tersebut serentak dilakukan oleh seluruh PTN di Indonesia. Penentuan kelulusan calon mahasiswa ini dinilai berdasarkan skor dari ujian tertulis. Khusus untuk jurusan SENI/OLAHRAGA terdapat pula ujian praktik yang dilaksanakan.

  • Jalur MANDIRI

Sama halnya dengan jalur SBMPTN, jalur MANDIRI ini dilakukan dengan cara tes tertulis. Kelulusan calon mahasiswa juga ditentukan melalui hasil ujian tertulis. Yang membedakan, jalur MANDIRI ini dilakukan secara independen oleh masing-masing PTN. Setiap tahunnya, UNTAN selalu membuka jalur seleksi mandiri baik untuk program D3/S1/S2. Calon pendaftar akan dikenakan biaya pendaftaran ujian mandiri. Setelah itu, tes tertulis  dilakukan sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan.

Penting!!! Inilah Pilihan Jika Kalian Ingin Memulai Kuliah

Salah satu tujuan melanjutkan studi di perguruan tinggi adalah demi mendapatkan gelar. Gelar yang didapatkan pun berbeda-beda tergantung program dan jurusan yang diambil. Untuk program Strata-1 (S1), mahasiswa yang berhasil lulus akan mendapatkan gelar sarjana. Berbeda dengan program diploma atau sekolah vokasi. Mahasiswa yang lulus akan mendapatkan gelar diploma. Masih bingung perbedaan program diploma dan sarjana? Yuk simak penjelasannya di bawah ini:

  • Apa itu Diploma?

Program diploma merupakan pendidikan tinggi khusus untuk mereka yang siap terjun ke dunia kerja. Perkuliahan yang diselenggarakan program diploma juga mengedepankan keahlian terapan dan kuliah praktek. Dibanding program sarjana, lama waktu yang ditempuh mahasiswa program diploma dalam meraih gelar bisa dikatakan relatif lebih singkat. Yaitu rata-rata 3 tahun. Program diploma sendiri dibagi menjadi empat tingkatan yaitu D1, D2, D3, dan D4.

  • Apa itu Sarjana?

Berbeda dengan program diploma. Kegiatan perkuliahan program sarjana kebanyakan berupa pembelajaran teori. Beban studi yang dibebankan kepada mahasiswa program sarjana juga lebih banyak dibandingkan program diploma. Lulusan sarjana dipersiapkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Serta mengembangkan diri menjadi seorang ahli profesional di bidangnya. Untuk lulusan S1 bisa melanjutkan S2 untuk meraih gelar magister hingga S3 untuk mendapat gelar doktor.

Program Kuliah Kampus UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital di Pontianak

PROGRAM DIPLOMA

Universitas Tanjungpura

Lihat Fakultas dan Program Studi

Fakultas Pada Program Diploma UNTAN Berbasis Cyber University

 

  • Fakultas Ilmu Pertanian

Ilmu pertanian (agricultural science) merupakan ilmu diranah ilmiah yang mempelajari bidang pertanian. Seperti rumpun ilmu kesehatan misalnya, bidang ini merupakan salah satu bagian dari kelompok ilmu-ilmu kehidupan (biosains). Yang dimana bersifat ilmu terapan serta multidisiplin. Lingkup Pertanian yaitu serangkaian aktivitas yang mengubah lingkungan untuk menjadikan produk makhluk hidup yang sangat bermanfaat bagi manusia. Maka dari itu ekosistem digital bagi UNTAN sangatlah penting.

Agronomi yaitu salah satu kajian yang sangat terkait dengan budidaya. Lalu pemanfaatan lain seperti tanaman tumbuhan dan plankton. Ilmu pertanian mencakup apa saja yang terdapat di budidaya tumbuhan dan hewan. Baik yang terdapat di darat maupun di air. Meskipun begitu ilmu ini juga menerapkan sistem teknologi pada pengembangannya. Contohnya seperti penerapan IoT (Internet of Things) pada semua jenis budidaya. Itulah mengapa UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

  • Fakultas Ilmu Sosial & Politik

Ilmu sosial, ilmu yang mempelajari aspek-aspek kehidupan bermasyarakat secara objektif, inter-subjektif, serta subjektif. Ranah ini sebelumnya dianggap kurang ilmiah apabila dibanding dengan ilmu alam. Tapi sekarang, dari beberapa bagian ilmu tersebut sudah banyak sekali menggunakan metode kuantitatif sebagai parameter kejuruan. Begitupula, dengan pendekatan interdisiplin, serta lintas-disiplin di dalam bidang penelitian terhadap suatu perilaku manusia dari berbagai  faktor sosial, dan lingkungan.

Sedangkan ilmu politik yaitu bidang ilmu yang mempelajari semua hal tata kelola sistem organisasi/pemerintahan. Ilmu ini mengukur tingkat keberhasilan suatu sistem administratif. Dengan cara memeriksa dari segala faktor. Termasuk nya yaitu stabilitasi, nilai keadilan, tingkat kesejahteraan, serta kedamaian. Sebagian ilmuwan politik juga berupaya mengembangkan cabang ilmu lain. Inilah mengapa sebagai penyeimbang ilmu alam di UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

  • Fakultas Ilmu Pendidikan

Ilmu pendidikan yaitu bidang ilmu yang mempelajari tata kelola kurikulum pendidikan. Sebagaimana kita dalam memasuki proses belajar, ilmu ini menjungung tinggi nilai-nilai asas kemanusiaan dan hak atas pendidikan. Banyak dari program ini mencetak banyak tenaga ahli di bidang penelitian serta tenaga pengajar. Ilmu pendidikan merupakan basic awal masyarakat memperoleh wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Itulah pentingnya UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

Program Kuliah Kampus UNTAN dalam Membangun Ekosistem Digital di Pontianak

PROGRAM SARJANA

Universitas Tanjungpura

Lihat Fakultas dan Program Studi

Fakultas Pada Program Sarjana UNTAN Berbasis Cyber University

 

  • Fakultas Hukum

Fakultas Ilmu Hukum bisa dikatakan menjadi salah satu fakultas favorit dengan beberapa rumpun jurusan sosial humaniora. Bahkan, hampir seluruh PTN/PTS di Indonesia menawarkan jurusan di Fakultas Ilmu Hukum. Kuota yang ditawarkan oleh PTN/PTS di tiap tahunnya sangatlah besar. Jadi, peluang kamu untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di kampus tersebut cukup tinggi. Itulah mengapa UNTAN menjadi PTN paling favorit di pontianak.

  • Fakultas Ekonomi

Dalam rancangan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber security ada satu fakultas sebagai pondasi kuat sebuah instansi. Fakultas Ekonomi, atau sering dinamakan juga Ilmu Ekonomi, adalah salah satu fakultas atau keilmuan paling tua dalam dunia perguruan tinggi. Prodi dari fakultas Ekonomi mempelajari bagaimana mengelola sumberdaya se-optimal mungkin. Serta selalu memberikan wawasan mengenai isu-isu pembangunan ekonomi.

  • Fakultas Sosial & Politik

Ilmu Politik ialah bidang ilmu paling banyak mengkaji peristiwa ataupun fenomena sosial politik. Sehingga nanti akan mampu menerapkan teori-teori ilmu politik guna menawarkan solusi dari setiap permasalahan di lingkup masyarakat bernegara. UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university mengupayakan setiap fakultas akan standarisasi akademis dan tetap menjaga kualitas riset maupun penelitian di tingkat perguruan tinggi. UNTAN juga menjadi pusat pendidikan Soshum di lingkup PTN.

  • Fakultas Teknik

Ilmu Teknik merupakan bidang pembelajaran yang mengkaji dan mengimplementasikan teknologi dalam bidang teknik misalnya seperti manufaktur, pemeliharaan alat dan juga manajemen. Beberapa jurusan di fakultas ini menyediakan saranan dan prasarana yang menunjang kegiatan di fakultas teknik. Fakultas Teknik dalam pembelajarannya bisa diaplikasikan di berbagai sektor pada bidangnya, terlebih bisa dipadukan dengan beberapa rumpun ilmu lain untuk kolaborasi.

  • Fakultas Kehutanan

Kehutanan adalah salah satu ilmu secara komprehensif mengkaji beberapa fungsi serta penggunaan dari ekosistem hutan. Selain itu, kalian juga akan belajar bagaimana cara memanfaatkan hasil hutan secara optimal tanpa mengganggu ekosistem hutan tersebut. Indonesia sebagai salah satu negara tropis yang dimana memiliki hutan yang sangat luas. Jadi, lulusan dari Fakultas Kehutanan sangat sekali dibutuhkan tata kelola kawasan perhutanan agar tetap terjaga ekosistemnya.

  • Fakultas Pendidikan

Ilmu pendidikan yaitu bidang ilmu yang mempelajari tata kelola kurikulum pendidikan. Sebagaimana kita dalam memasuki proses belajar, ilmu ini menjungung tinggi nilai-nilai asas kemanusiaan dan hak atas pendidikan. Banyak dari program ini mencetak banyak tenaga ahli di bidang penelitian serta tenaga pengajar. Ilmu pendidikan merupakan basic awal masyarakat memperoleh wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Itulah pentingnya UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.

  • Fakultas MIPA

Fakultas MIPA yaitu salah satu fakultas di kampus UNTAN yang mempelajari dan mengkaji tentang Matematika dan Ilmu Alam. Sebagai salah satu dalam sebuah jaringan pengembangan ilmu matematika sekaligus sains di sektor regional dan internasional. FMIPA UNTAN sudah mendapatkan pengakuan yang dari beberapa masyarakat dunia. Hal ini menunjukan semakin banyak nya kerjasama yang terjalin dengan beberapa perusahaan ternama di indonesia maupun luarnegeri.

  • Fakultas Kedokteran

Sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara ilmu kesehatan dengan ilmu kedokteran. Meskipun kedua fakultas tersebut mempelajari ilmu terapan. Inilah mengapa terdapat jurusan yang masuk ilmu kesehatan dan ada jurusan lainnya masuk ilmu kedokteran. Jika mengulik dari pengertian ilmu kesehatan, ilmu kedokteran yaitu bagian dari ilmu kesehatan yang mengkaji tentang berbagai penyakit serta metode mengobatinya. Oleh karena ini jurusan tersebut  sangatlah penting.

Sistem E-Learning Universitas Tanjungpura dalam Membangun Ekosistem Didital Menuju Cyber Univ

Platform Digital E-Learning Mahasiswa Universitas Tanjungpura

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Hampir seluruh perguruan tinggi kini telah memanfaatkan ini dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan sistem dalam  pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi. E-learning ini biasanya berisi data-data perkuliahan mahasiswa yang hanya bisa diakses secara pribadi. Tak hanya itu, e-learning bisa dimanfaatkan sebagai penghubung antara dosen dan mahasiswa secara online dalam sarana belajar.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Sistem ini bisa diakses oleh para mahasiswa maupun dosen. Mahasiswa harus melakukan login terlebih dahulu untuk dapat mengakses e-learning.  Mahasiswa aktif harus rutin setiap semester untuk mengisi mata kuliah yang diambil melalui e-learning. Selanjutnya, dosen bertugas mengaktifkan mata kuliah yang diambil mahasiswa dalam e-learning. Setelahnya, bisa melakukan aktifitas perkuliahan berbasis online.

Sistem Akademik Universitas Tanjungpura

Platform Digital Sistem Akademik Universitas Tanjungpura

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Setiap semester, dosen akan mengeluarkan nilai hasil ujian melalui sistem akademik. Mahasiswa bisa mengecek nilai dengan login melalui website sistem akademik. Kampus ini juga memanfaatkan teknologi online untuk memfasilitasi para orang tua dalam meninjau nilai perkuliahan anaknya. Di Kampus ini juga meluncurkan aplikasi berbasis Android. Diharapkan bisa memudahkan orang tua dalam memonitoring perkuliahan sang anak.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University –Dalam mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), bisa dilakukan mahasiswa secara online. Biasanya, bagian akademik akan memberitahukan waktu untuk melakukan KRS online ini. Mahasiswa diharuskan mengisi data mata kuliah yang diambil dalam satu semester melalui sistem akademik. Nilai akademik juga akan ditampilkan melalui platform ini. Selanjutnya Kartu Hasil Studi (KHS) juga bisa kalian dapatkan disini selama progres perkuliahan.

Sistem Repository Universitas Tanjungpura

Platform Digital Repository Perpustakaan Universitas Tanjungpura

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Buku merupakan salah satu alat penunjang pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman, buku kini bisa dibaca dalam bentuk e-book atau buku elektronik. Buku pada umumnya tersusun dari sekumpulan kertas yang berbentuk hard copy. Sementara e-book merupakan bentuk soft copy dari sebuah tulisan. Dengan adanya e-book, manusia bisa lebih praktis apabila ingin membaca sebuah karya tulisan. Berikut platfom repository nya UNTAN.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Dengan memanfaatkan teknologi, kini perpustakaan memberikan layanan e-book yang bisa mempermudah mahasiswa dalam mencari referensi. Atau bahkan hanya sekedar menambah wawasan. E-book bisa diakses melalui platform repository perpustakaan. Sumber literasi instansi ini sendiri berasal dari Gutenberg, Open Library, OAOPEN, Aceh Books, Literature Library, Feeds Books, dan Internet Archieve. Yukk, kunjungi sekarang juga!

Standar yang Harus Terpenuhi Ketika UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Beberapa hal yang telah disiapkan oleh lembaga pergutuan tinggi UNTAN. Perlu diketahui, standarisasi merupakan parameter sebuah lembaga pendidikan yang akan berpengaruh terhadap tercapainya visi dan misi lembaga tersebut. Sehingga jika sudah mendapatkan standarisasi yang tepat. Maka lembaga tersebut berhak menyandang sebuah title yang disematkan kepada lingkungan pendidikan tersebut.

Kurikulum yang diberikan berbasis industri agar menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia pekerjaan. Kompetensi penelitian dalam hal studi pun sangat diperhitungkan untuk kemajuan ekosistem digital.

Mulai dari akses jaringan sampai sarana untuk menunjang kebutuhan digital serta riset masasiswa telah disiapkan oleh kampus. Hal ini sangat berguna untuk membangun ekosistem digital berbasis cyber.

Kebutuhan SDA juga sudah memadai, seperti kompetensi pengajar dan pengelola. Serta seluruh warga dan masyarakat kampus yang menghidupkan suasana belajar mengajar secara digitalisasi yang baik.

Sisitem program studi yang sangat kompleks telah tertata dengan baik di kampus ini. Dengan tata kelola organisasi yang sangat terstruktur. Hal tersebut akan mempermudah administrasi kampus dan mahasiswa.

Prestasi merupakan poin terakhir sebagai pendukung dan penguat standarisasi kampus berekosistem digital. Bidang riset dan teknologi sebagai penentu ajang kompetisi di tingkat nasional maupun internasional.

Kerjasama dalam Riset Teknologi Jika UNTAN Merancang Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Dalam mengembangkan kualitas akademik, UNTAN bekerja sama dengan berbagai instansi nasional. UNTAN juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seperti lainnya. Tak hanya instansi nasional saja. UNTAN bahkan bekerja sama dengan instansi internasional. Semua jaringan relasi tersebut sangat bermanfaat bagi akademisi dalam mengembangkan karir kedepan dalam hal pekerjaan maupun studi.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University – Kerjasama merupakan sebuah strategi eksternal dalam membangun sebuah lembaga yang kuat. Apalagi jika lembaga tersebut berdiri dalam naungan bidang riset dan teknologi. Selain memperbanyak relasi kerjasama juga dapat saling menguntungkan antara kedua belah pihak dalam bidang apapun. Memperkaya literasi juga membutuhkan suatu relasi yang luas dengan melihat sebanyak-banyaknya referensi dari hasil kerjasama tersebut.